KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Kemajuan tekhnologi komputer yang semakin pesat disaat ini terutama untuk software dan hardware membuat kita ingin tahu sejarah awal pertama kalinya komputer mulai di rilis dan  diperkenalkan diseluruh dunia. IBM adalah sebuah perusahaan yang pertama mensponsori terciptanya Komputer elektromekanik dan merupakan hasil dari penelitian dari Mark I dan selesai pada tahun 1944 oleh seorang profesor dari Universitas Harvard yang bernama Howard Aiken.


IBM memonopoli peralatan pemproses data punched-card. Pimpinam IBM tidak merasa bahwa komputer tersebut (UNIVAC I) bisa menggantikan mesin punched-card, untuk itu mereka masih  tidak mau untuk memasuki dunia pasar internasional. Produk IBM pertama yang di jual di pasaran adalah IBM 701 pada tahun 1953 dan IBM 650 diperkenalkan pada tahun berikutnya yang mungkin dengan alasan IBM cukup meraih keuntungan yang besar pada tahun sebelumnya. IBM 650 dibuat supaya bisa meng-upgrade mesin-mesin punched-card yang ada. Itu karena IBM 650 memproses data dengan sebuah cara yang mirip dengan cara tradisional pada mesin punched-card.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer  sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Komputer generasi pertama mempunyai ciri tersendiri yaitu penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) seiring dengan kemajuan tekhnologi dan karya cipta yang jenius maka terciptalah ide-ide untuk mengupgrade baik dari sofware dan hardware yang berkembang hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment

Generation Of Computer

↑ Grab this Headline Animator