Wikipedia Kehilangan Ribuan 'Relawan'

WASHINGTON - Jutaan relawan Wikipedia yang menyumbang dan mengedit tulisan serta mengecek setiap artikel yang masuk, kini kian berkurang jumlahnya.
Para relawan yang keluar dari Wikipedia terus bertambah. Mereka memutuskan untuk tak lagi berkontribusi untuk situs ensiklopedia online itu dengan beragam alasan.

Berdasarkan data hasil analisa peneliti asal Spanyol Felipe Ortega, selama tiga bulan pertama di tahun 2009, lebih dari 49.000 editor meninggalkan Wikipedia versi bahasa Inggris.Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada periode yang sama di tahun 2008 hanya ada 4.900 editor yang memutuskan tak lagi berkontribusi di Wikipedia.

Saat ini Wikipedia masih memiliki tiga juta kontributor aktif. Meski begitu, jumlah relawan yang meninggalkan Wikipedia lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan jumlah relawan baru yang bergabung. Demikian keterangan yang dikutip dari CNet, Selasa (24/11/2009).
Menurut pengakuan beberapa relawan yang keluar dari Wikipedia, alasan mereka meninggalkan Wikipedia diantaranya adalah karena sebagian besar dari mereka sudah pernah menulis artikel yang ditampilkan di Wikipedia.

Penurunan jumlah relawan juga disebabkan karena Wikipedia memberlakukan aturan yang menghindarkan konflik diantara kontributor yang memposting tulisan yang sama, terutama untuk artikel yang kontroversial. Peraturan tersebut kerap menjegal kontributor baru yang mendapati artikel mereka dihapus tanpa sebab yang jelas.


sumber : http://news.id.msn.com