Arca Budha Kuno Candi Plaosan Dicuri

KLATEN - Dua buah kepala arca Budha berumur ribuan tahun raib dicuri. Selama ini, kedua arca, yaitu Dhyani Budha dan Bodhisattva ini menjadi ornamen di kompleks Candi Plaosan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pencurian diperkirakan terjadi pada pukul 18.00 WIB pada Senin 23 November 2009. Pencuri memenggal dua kepala arca menggunakan alat pemotong. Petugas baru mengetahui kejadian tersebut selang beberapa jam kemudian dan langsung melakukan pencarian. Namun, setelah beberapa lama melakukan pencarian, kepala arca tak kunjung ditemukan.

Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah Tri Wisma Budi mengakui, sistem keamanan Candi Plaosan kurang ketat. Malam saat kejadian, sebenarnya ada lima petugas yang berjaga. Namun aksi tersebut lolos dari pengawasan.

"Candi Plaosan memang terbuka, tidak begitu ketat pengamanannya," ujar Tri, rabu (25/11/2009).

Candi Plaosan adalah candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi ini dibangun pada ke-IX oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Candi ini terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, tidak terlalu jauh dari kompleks Candi Prambanan dan Candi Sewu.
Sementara kepala Arca Dhyani Budha dan Bodhisattva yang dicuri adalah dua dari sembilan arca ornamen pada candi tersebut dengan ukuran kepala 46x21 sentimeter.

"Kami telah melapor pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata," katanya.
Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Klaten AKP Edi Suranta Sitepu membenarkan pencurian itu. Pihaknya mendapat laporan dari petugas BP3 tentang pencurian arca-arca tersebut.
"Saat ini kami masih melakukan penyelidikan di lokasi," ungkap Edi.


sumber : http://news.id.msn.com