Basic Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang dirancang agar komputer dapat melakukan komunikasi data diantaranya seperti :
- Berbagi file
- Berbagi fasilitas (printer, scaner)
- Berbagi koneksi internet.
Dasar yang harus disiapkan dalam belajar teknik komputer ini adalah pertama paham akan teori  hardware dan software dan ada pepatah mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang

1.  Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah jaringan komputer diawali dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang dirilis oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.m. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer secara antrian.

Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. 

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. Di kutip dari (wikipedia)


 2. Klasifikasi Jaringan Komputer
Klasifikasi jaringan komputer disini ada beberapa macam type, dia antaranya :
  • Berdasarkan geografisnya. Jaringan komputer terbagi menjadi 3 yaitu LAN (local Area Network) dimana cakupan jaringannya hanya satu lokal misalkan rumah menggunakan Wifi dari pihak ISP nah itu bisa dibilang LAN .
  • MAN (Metropolitan Area Network) untuk yang satu ini adalah sekumpulan dari LAN yang menjadi satu tapi masih dalam satu lokasi. Contohnya masih dalam satu lingkup kantor atau daerah. WAN (Wide Area Network ) adalah jaringan luar yang cakupanya adalah daerah kota sampai negara.
  • Berdasarkan fungsinya jaringan komputer, Jaringan komputer mempunyai Beberapa Type di antaranya Client-Server dan Pear to Pear. Client-Server itu adalah jaringan yang menghubungkan antara Client ke server biasanya ini dilakukan pada pembagian koneksi internet atau File . Pear to Pear kalo ini sama saja seperti Face to face Berarti Hubugan 2 client yang berbedan ini sifaatnya privet. Biasanya untuk Bermain Game atau Sharing Data.
  • Berdasarkan Media Transmisi Data dalam hal ini Media Transmisi data ada Beberapa Kabel dan Nirkabel . kalo Kabel yang biasa di guanakan Adalah UTP, Fiber Optic dan Coaxial itu untuk media Kabel jika Nirkabel Seperti Wirelles/Wifi, Vsat dll
  • Berdasarkan Topologi Jarigan. Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 6 kategori utama seperti di bawah ini. Berikut Topologi Jaringan Komputer Topologi bus, Topologi ring, Topologi Star, Topologi Mash, Topologi Tree, Topologi Hiraki 
  • Berdasarkan distribusi sumber informasi/data. Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungssi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen. Jaringan terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
4.  Osi Layer 
Peranannya sangat penting karena itu sebagai tulang pungung dalam membuat Jaringan Komputer yang aman atau dasar Dari Firewall. Apa lagi nanti jika mengunakan Perangkat Dari Cisco harus paham OSI layer tersebut.

5.  Perkabelan Di Jaringan Komputer
Teori ini khusus untuk mengetahui seorang teknisi jaringan harus paham dengan kabel yang harus di gunakan dan kelemahannya cara terminasi dari setiap kabel contohnya Terminasi Kabel UTP. 

6.  Subneting 
Seorang teknisi diharuskan bisa menghitung jumlah IP pada 1 Jaringan dan menetukan Subnetnya. untuk teori ini sih simple aja tidak  ribet karenan sudah ada aplikasi atau softwarenya untuk menghitung IP.

Demikian singkat teori dasar jaringan komputer untuk yang bisa dijabarkan. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Generation Of Computer

↑ Grab this Headline Animator