Mesin Pencari Internet Terbaru Untuk Umat Islam

Sebuah mesin pencari baru, bernama ImHalal.com, dibuat untuk melindungi umat Islam dengan menyaring konten yang tergolong "haram" atau dilarang dalam Islam. Situs ini akan memperingatkan penggunanya jika mereka mencari sebuah query yang kemungkinan mengandung konten yang eksplisit, ungkap pendirinya Reza Sardeha. Selain mengembangkan teknologi pencarian, Sardeha beserta teman-teman dalam kelompoknya yang berlokasi di Belanda, juga memperkenalkan filter dua layer.

Ketika pengguna mendapatkan rating haram tingkat satu atau dua dari tiga, mereka dianjurkan untuk memilih kata kunci lain dalam pencariannya, namun mereka masih dapat melanjutkan pencariannya seandainya mereka yakin hasil dari pencariannya akan bersih, ungkap Sardeha. Kata-kata seperti porno dan perkosaan dianggap memiliki rating tiga dan akan diblok. Istilah seperti bir dan babi akan mendapatkan rating satu karena pengguna tidak dapat mengkonsumsinya langsung dari internet.

Situs ini diluncurkan pada awal bulan September dan telah menerima lebih dari 400,000 pengunjung unik sejauh ini. Pihak pengembang mempertimbangkan menggunakan iklan sebagai kantong pemasukan utama situs mereka. Umat Islam menjadi sangat aktif di Internet sejak beberapa tahun terakhir tapi tidak banyak tool yang dapat membantu mereka dalam berinternet dengan aman dan bertanggungjawab. ImHalal.com bertujuan untuk membuat lingkungan yang aman dan bersih bagi umat Islam dalam mencari di Web.

Kebanyakan mesin pencari mendapatkan kritik di beberapa negara di dunia karena menampilkan konten yang bertentangan dengan budaya lokal dan bahkan bertentangan dengan hukum lokal. Sebagai contoh aktivis sosial di India telah mengajukan keberatan pada pengadilan India terhadap mesin pencari besar karena menampilkan iklan dan informasi tentang teknik pemilihan sex anak. Iklan seperti itu bertentangan dengan hukum di India. Di beberapa negara, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, beberapa website sangat aktif disaring.

sumber : http://www.erakomputer.com

No comments:

Post a Comment

Generation Of Computer

↑ Grab this Headline Animator