Generasi Prosesor


Prosesor adalah nama sebuah chip dan merupakan bagian dari Central Processing Unit (CPU). Chip ini digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas, dikarenakan fungsinya yang sangat penting maka prosesor menjadi tolak ukur dari setiap komputer. Dari jenis prosesor yang terkemuka adalah produk-produk keluaran Intel dan AMD (Advance Micro Device).

Berikut ini adalah generasi prosesor pertama dari produk intel :
intel 8086 dipakai pada komputer jenis XT (Extended Technology) kemudian disusul intel 8088, intel 8026 yang dipakai pada PC jenis AT (Advanced Technology) yang kinerjanya 10-15 kali lebih cepat dari XT, intel 80386 yang lebih dikenal dengan intel i386 dan ini adalah prosesor pertama yang menggunakan 32 bit dengan kecepatan antara 25 Mhz kemudian menyusul prosesor 80486 dan sebagai penerusnya intel mengeluarkan prosesor dengan type intel Pentium.
Sedangkan AMD (Advance Micro Device) adalah produsen prosesor terbesar setelah intel. AMD didirikan pada tahun 1969. Berikut ini produk-produk dari AMD,
AMD 386, AMD 486, AMD K5, AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III, AMD Athlon, AMD Athlon Thunderbird, AMD Athlon XP, AMD Duron dan AMD Sempron.

No comments:

Post a Comment

Generation Of Computer

↑ Grab this Headline Animator